Rabu, 08 Juli 2015

Ilmu Keperawatan



Ilmu keperawatan merupakan ilmu yang mempelajari segala hal mengenai cara merawat seseorang (pasien) yang mengalami gangguan kesehatan, seseorang yang membutuhkan suatu terapi penyembuhan secara fisik (jasmani) mau pun mental (rohani) dan seseorang yang masih sehat tetapi membutuhkan suatu konsultasi. Menurut Florence Nightingale (1895), keperawatan adalah menempatkan pasien dalam kondisi paling baik bagi alam dan isinya untuk bertindak. Sementara menurut Calilista Roy (1976), keperawatan merupakan definisi ilmiah yang berorientasi kepada praktik keperawatan yang memiliki sekumpulan pengetahuan untuk memberikan pelayanan kepada klien.


Ilmu keperawatan menggunakan pendekatan dan metode penyelesaian masalah secara ilmiah, ditujukan untuk mempertahankan, memelihara, menopang dan meningkatkan integritas seluruh kebutuhan dasar manusia. Keperawatan dikatakan sebagai sains kerena melalui proses observasi, eksperimen dan dapat dipertanggungjawabkan keilmuannya dalam pelaksanaan praktik keperawatan itu sendiri.

Fungsi perawat yang utama adalah membantu pasien atau klien dalam kondisi sakit maupun sehat, untuk meningkatkan derajat kesehatan melalui layanan keperawatan. 

Program Studi S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah
Program studi S1 Keperawatan UMM bertekad menghasilkan lulusan sarjana keoerawatan profesional dan kompoten di bidang keperawatan dengan memiliki kekokohan intelektual, kedalaman spiritual, moral yang tinggi dan keterampilan yang handal. Beban studi yang harus ditempuh mahasiswa sebanyak 146 sks, dalam periode 7-8 semester, yang diselenggarakan di kelas, laboratorium keperawatan dengan desain mini hospital sebagai penunjang yang berbasis IT, serta early exposure ke rumah sakit dan komunitas sebagai upaya untuk menambah keterampilan dalam mempersiapkan program profesi mahasiswa. 

 Sumber: http://www.pengertianpakar.com/2014/12/pengertian-perawat-ilmu-keperawatan-dan.html#_
               http://saonone.blogspot.com/2012/11/definisi-ilmu-dan-profesi-keperawatan.html 

0 komentar:

Posting Komentar