Selasa, 07 Juli 2015

Asal Daerah

Kali ini aku akan membahas tentang Kota Malang. Mungkin bagi pecinta sepak bola Kota Malang itu identik dengan Arema yang suporternya sangat fanatik. Tenang saja aku tidak akan membahasa tentang Arema atau supoternya. Aku hanya akan membahas budaya, makanan, dan ciri khas Kota Malang.

Kota Malang (Hanacaraka: ꦑꦸꦛ​ꦩꦭꦁ) adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota yang berpenduduk 857.891 jiwa ini (2014) berada di dataran tinggi yang cukup sejuk, terletak 90 km sebelah selatan Kota Surabaya, dan wilayahnya dikelilingi oleh Kabupaten Malang. Luas wilayah kota Malang adalah 110,06 km2. Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Bersama dengan Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kota Malang merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya.


Kota Malang sendiri memiliki banyak sekali julukan seperti :
  1. Kota Pendidikan dan Pelajar karena di Kota Malang terdapat banyak sekolah dan perguruan negeri baik negeri atau swasta yang menarik banyak pelajar dari luar kota untuk sekolah di kota malang.
  2. Kota Kuliner di Kota Malang terdapat banyak sekali kuliner enak-enak untuk dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang dari bakso, mie, nasi goreng, soto, steak, kopi, ice cream, Italian food, Chinese food, Seafood, dan varian makanan lainnya yang sudah sangat dikenal dan digemari masyarakat luas ada di Malang.
  3. Kota Bunga julukan "Kota Bunga" ini diberikan kepada Malang karena cita-cita yang merebak di hati setiap warga kota senantiasa menyemarakkan sudut kota Malang hingga di tiap jengkal tanah warga dihiasi dengan warna-warni bunga.
  4. Kota Dingin dijuluki Kota Dingin karena letak geografis Malang yang dikelilingi pegunungan, yakni Gunung Arjuno Welirang, Gunung Kawi-Panderman, dan Gunung Bromo-Semeru. Lokasinya yang berada di dataran tinggi serta dikelilingi gunung inilah yang membuat hawa di Malang terasa lebih dingin daripada daerah-daerah di sekitarnya.
  5. Kota Sejarah dikatakan sebagai "Kota Sejarah", karena Malang menyimpan misteri embrio tumbuhnya kerajaan-kerajaan besar seperti Tumapel, Kanjuruhan, Singosari, Kediri (Dhoho), Mojopahit, Demak dan Mataram. Di kota Malang juga terukir awal kemerdekaan Republik Indonesia. 
  6. Kota Militer Malang terpilih sebagai Kota Kesatrian/Kota Militer, sebab di kota ini banyak didirikan tempat pelatihan militer, asrama dan mess perwira di sekitar lapangan Rampal. Sekarang ini, di Malang juga sudah ada pabrik amunisi, senjata & kendaraan tempur, Pindad, di Turen, Kabupaten Malang. 
Kota Malang memiliki kebudayaan dan keseniaan yang terkenal seperti tari topeng dan saat ini saat ini bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di kota Malang yaitu kesenian “BANTENGAN” kesenian ini merupakan hasil dari kreatifitas masyarakat asli malang, sejak dahulu sebenarnya kesenian ini sudah dikenal oleh masyarakat malang namun baru sekaranglah “BANTENGAN” lebih dikenal oleh masyarakat tidak hanya masyarakat lokal namun juga luar daerah bahkan mancanegara.
Kota malang juga memiliki bahasa yang khas yaitu  Boso Walikan (Osob Kiwalan) seperti makan jadi nakam, kamu jadi umak, malang jadi ngalam dan masih banyak lagi.

Kota Malang juga memiliki makanan khas yang hanya ada di Kota Malang :
  1. Bakso, mungkin di kota lain juga terdapat bakso tetapi yang paling enak hanya ada di Kota Malang.
  2. Keripik tempe atau buah, makanan atau cemilan sering dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Belum ke Kota malang kalau kalian tidak membeli atau mencoba kripik tempe atau buah.
  3. Es krim toko oen tak lengkap rasanya bila Anda bertandang ke Malang tanpa berkunjung ke Toko Oen. Toko Oen yang sudah ada sejak jaman Belanda ini hingga kini masih mempertahankan interior jaman belandanya. Jika berkunjung ke Toko Oen, jangan lupa untuk mencicipi es krimnya. Es krim Toko Oen masih dibuat dengan resep tradisional. Teksturnya lebih kasar dan rasanya pun tidak semanis es krim umumnya.
Sebenarnya masih banyak kuliner Kota Malang untuk dikunjungi tetapi yang aku tulis di atas adalah makanan yang wajib dicicipi kalau mampir ke Kota Malang.

Buat yang suka olahraga Kota Malang juga memiliki sarana tempat olahraga yang lengkap seperti Stadion Gajayana Malang, GOR Ken Arok, GOR Bima Sakti, Arena Balap Vellodrome, Araya Golf & Family Club, Dieng Family Club, Lembah Dieng swimming pool, Futsal Champion, Futsal Arena dan masih banyak.

Di Kota Malang juga memiliki mall besar seperti MATOS, MOG, dan yang baru di buka Dinoyo mall. selain mall ada juga pasar tradisional seperti pasar bunul, pasar blimbing, pasar gadang, dan masih banyak lagi.

Semenjak Kota Malang dipimpin oleh Bapak H. Muhammad Anton banyak sekali membangun taman kota diantaranya adalah : Tarekot (Taman Rekreasi Kota), terletak di belakang kompleks balai kota Malang, Alun-Alun Kota (terletak di depan Masjid Jami' Kota Malang), Alun-Alun Tugu (terletak di depan balai kota Malang), Hutan Kota Malabar, Merbabu Family Park, Taman Bentoel Trunojoyo terletak di Jalan Trunojoyo di depan Stasiun Kota Baru Malang, dan Taman Singha Merjosari.

Untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Malang jangan ragu-ragu unutk berkunjung ke Kota Malang kalian tidak akan menyesal setelah berkunjung ke Kota Malang.
Kota Malang itu indah.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Malang
             http://halomalang.com/serba-serbi/julukan-untuk-malang
             http://makananindonesia-top.blogspot.com/2014/08/5-makanan-khas-malang-jawa-timur.html

0 komentar:

Posting Komentar